Day30 – Finale, Target Blogging 2019 (#BPN30dayBlogChallenge)

Akhirnya sampailah juga di penghujung musim nulis challenge Blogger Perempuan Network ini. It’s been very productive, challenging, and deeply self-love understanding month. Selama satu bulan ini, diajak untuk mengenali diri sendiri jauh lebih dalam. Dipaksa supaya mengaku tentang apa yang biasanya gak kita akui. Diminta untuk mencintai diri sendiri jauh lebih banyak, ketimbang mencintai yang lain. Diminta dengan paksa kesetiaannya untuk tetap meluangkan waktu menulis kata demi kata.

Gak nyangka bisa konsisten selama satu bulan ini.

Jujur, saya tipe orang yang ‘gengsi’ dengan diri saya sendiri; sudah komitmen di awal tapi kok melempem di tengah jalan. Dan itu yang saya jadikan sebagai ‘bahan bakar’ supaya tetap bisa meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk asyik di depan laptop, setelah apa yang telah terjadi seharian. Saya ngantor 8-4, nomaden tinggal di rumah mama ataupun mami, meluangkan waktu untuk ngurus suam dan mama mami adik, sakit, sibuk, bahkan tetap saya lakoni ritual duduk menulis di depan laptop ini. Saya komitmenkan untuk harus tetap menulis, walau apapun yang ada. Bahagia, lega, dan merasa bangga. Ternyata saya bisa. Ternyata semua bisa kalau dipaksa dan diniati.

Saya terharu ketika saya sudah siap-siap mau tidur, dan mas suam tanya “kamu hari ini udah nulis blog?”. Ternyata dia juga mengamati dan mendukung. Juga setiap saya lagi asyik di depan laptop, adik pasti tanya “nulis lagi ya?”. She’s one of the reasons of why I keep on writing. To encourage her to write more; she’s a good storyteller by words, I mean it.

Sekarang, setelah what happen in this previous month, saya semakin yakin untuk jangan berhenti menulis.

Tema apapun itu, sebisa mungkin punya blog yang sudah self-hosting dan berdomain begini, jangan banyak dianggurin. Selalu senyum bahagia juga selama satu bulan ini, page views saya konstan jumlahnya. Yaa memang belum bisa masuk kategori adsense, sih. Tapi perlahan; seolah akhirnya mendapatkan pasarnya sendiri setelah sebelumnya…… jarang ada yang baca. Hahaha!

Saya juga banyak dapat teman-teman baru, rekan sesama blogger yang semangat nulisnya te-o-pe be-ge-te. Bangga dan selalu merasa terpacu agar bisa tetap sama semangatnya seperti saat menulis postingan hari pertama. Salam kenal bagi semua pembaca yang hadir disini sebab mengikuti challenge!

Semua hal yang saya tulis di atas, adalah dasar mengapa saya harus punya target untuk blog ini di tahun 2019. Target untuk senantiasa lebih rajin, lebih baik, dan lebih berkarya lagi. Gak muluk-muluk lah, saya rasa satu tulisan di setiap minggunya, bisa diterapkan untuk memperbaiki rasa malas dan mager nulis. Tema apapun itu, entah hanya keluh kesah dari apa yang dirasa, yang penting ada yang ditulis. Saya yakin, karena saya juga ada podcast, pasti bakal heboh sendiri kapan nulis kapan rekaman kapan edit kapan tayang. But that’s what hobbies are for, right? Berani bikin akun, berani tanggung jawab kontennya juga.

Oya, tentunya kalau dari komunitas alias BP Network, seirama sama apa yang saya penginin, saya pengen deh nyemplung di kegiatan komunitas regional Jogjaan. Semoga bakal ada ya cepat atau lambat ini!

Terima kasih buat para pembaca yang ikut nyimak dari hari pertama hingga hari ke tiga puluh ini. Hint: saya kemarin gak ada postingan, jadi hari ke tiga puluh ini saya nulis dua kali. Hihihi semoga informasi dan tips yang saya berikan bermanfaat! Let’s be friends! 😀

a wife, Mon-Sat office worker.
2 comments
  1. Semangat nulisnya mbak! Moga tetep konsisten ya

    1. aamiin! Terima kasih 🙂

Menurut kamu?