Growing Up

Can anybody tell me how to, what to do

Penggalan lirik dari lagu yang dilantunkan Daramuda (Rara Sekar), which is kakak dari Isyana Saraswati (well, informasi ini mulai gak penting..) masih terngiang di kuping begitu selesai nonton film Dua Garis Biru.

Despite on the movie, yang menurut saya brilian.. dengan akhir gantung yang menggemaskan; rasanya lagunya Rara Sekar lebih merasuk lebih dalam ke hati saya. Langsung saya cari di spotify dan masuk ke dalam daftar liked songs.

Sampai di umur hampir 28 tahun ini, saya jadi bertanya-tanya ke diri saya sendiri. Sudah benarkah saya growing up? Eh fyi, lagu tadi judulnya Growing Up, in case you would like to listen and try to understand.

But, serious. Banyak lho hal yang teryata saat growing up, gak ada di pelajaran apapun. Gak ada pelajaran gimana cara menghemat uang mingguan/bulanan saat jauh dari orang tua. Gimana cara mengatasi homesick. Gimana cara menghadapi so-called-toxic-people. Gimana caranya biar gak dianggap kutu loncat di kantor. Gimana cara mengatasi kesedihan setelah disemprot omelan bos tapi gak boleh cerita ke keluarga karena gak pengen membuat mereka ikut sedih. Gimana punya dua muka tapi terawat dengan skincare bagus. HA! Kadang takjub sama diri sendiri yang.. bisa melewati itu semua sampai masih tegar berdiri sekarang.

Kalau balik ke jaman after sweet 17 lalu, terus ditanyain siap gak untuk menghadapi ini semua, pasti lah jawabannya… nggak. Atau gak ngerti.

Bener deh rasanya kalau ditanya siap atau nggak menuju ke hal yang baru, jawabannya adalah kita gak pernah siap. Nyatanya, setelah dijalani, bisa sampai finish aja tuh, bep..

Bahkan saat ini, ditanya apakah besok siap punya anak, ngurusnya gimana, bisa mendidik dengan baik dan benar atau nggak, bisa terus memberikan pendidikan dan segala yang terbaik atau nggak… ya saya gak tahu. Kesiapan yang dicentang pertama adalah siap karena sudah punya suami. That’s it. Ke depannya gimana, we never know. We will always said we’re not ready yet.

Yang bisa dilakukan adalah berusaha.

Saya yang dulu gak siap dan gak ngerti tentang office politics, juga berusaha. Berusaha memahami setiap ada hal baru di dunia perkantoran yang penuh dengan misteri. Oh ternyata kalau gini kudu gitu. Kalau dibegitukan harus bisa begini. Yang pada akhirnya itu membuat kita belajar, dan itulah pelajaran tentang kehidupan.

Demikian juga mungkin apa yang dirasakan Bima dan Dara saat akhirnya dihadapi dengan kenyataan memiliki anak di usia yang… dimana saya di usia tersebut masih meraba tentang gimana rasanya jauh dari orang tua karena kuliah di kota lain. Mereka, dengan sekali berhubungan yang langsung jadi itu, jauh lebih dalam paksaan untuk berpikir dan berusaha Growing Up segera.

Dara & Bima di dua garis biru, saat berusaha untuk Growing Up

Gak salah memang lagu dari Rara Sekar ini menurut saya masih relate dan akan selalu relate didengarkan segala kondisi. Kamu yang lagi baca ini, jangan takut untuk Growing Up, ya! Karena kamu gak sendirian. Disini saya juga masih belajar untuk Growing Up 🙂

Bonus: Official Video Daramuda (Rara Sekar) – Growing Up

Tinggalkan Balasan